Kemdikbud Kirim Ratusan Guru ke Berbagai Negara Tetangga

Kemdikbud Kirim Ratusan Guru ke Berbagai Negara Tetangga

Bapak dan Ibu Guru serta rekan-rekan seprofesi yang terhormat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberangkatkan ratusan guru Indonesia ke berbagai negara tetangga. Mereka akan ditempatkan di sekolah-sekolah khusus bagi anak para tenaga kerja Indonesia (TKI).

Dalam acara pelepasan keberangkatan malam ini, ratusan guru pendidikan dasar dan menengah tersebut dikukuhkan di depan bendera merah putih. Tidak lupa, mereka mengucapkan ikrar.

Pengukuhan ini disaksikan langsung oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Sumarna Surapranata. Dia menyebutkan, saat ini ada sekira 53 ribu anak TKI yang tidak mendapat akses pendidikan di negeri jiran.

"Mereka tidak bisa bersekolah karena orangtuanya adalah TKI ilegal. Karena itulah kami dan pemerintah Malaysia bekerjasama untuk mengirimkan guru-guru Indonesia ke sana," kata Pranata di Hotel Best Western Jakarta, Rabu (11/11/2015).


Pranata menambahkan, pendirian sekolah dan pengiriman guru dari Tanah Air itu dimaksudkan untuk mendididk anak-anak Indonesia yang tidak bisa bersekolah di berbagai negara tetangga. "Bukan hanya di Sabah tapi juga di Mindanau, Filipina," tambahnya.

Kali ini, Kemdikbud memberangkatkan 92 guru pendidikan dasar dan enam guru pendidikan menengah untuk anak-anak TKI di Sabah, Malaysia. Sedangkan lima guru pendidikan dasar lainnya akan ditugaskan di Mindanau, Filipina. Para guru tersebut berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, yakni Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Negeri Makassar (UNM), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Baca juga : Soal UKG Materi Pedagogik Paling Sulit di Antara Lainnya
Demikian informasi ini disampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. (Sumber : okezon)

0 Response to "Kemdikbud Kirim Ratusan Guru ke Berbagai Negara Tetangga"

Posting Komentar