Publikasi Terhadap Hasil UKG Diminta per Wilayah

Publikasi Terhadap Hasil UKG Diminta per Wilayah

Rekanan seprofesi yang terhormat, Publikasi terhadap hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang akan dilakukan pemerintah, hendaknya tidak dilakukan per individu guru. Namun sebaiknya dilakukan secara per kelompok atau per wilayah. 

Pendapat itu disampaikan Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto, Fauzi, kemarin, menanggapi rencana pemerintah yang akan mempublikasikan hasil UKG. Menurut dia, publikasi terhadap hasil uji kompetensi diperlukan, manakala hal itu dilakukan dalam rangka akuntabilitas, serta sebagai dasar bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan tentang pendidikan. 

Apalagi pemerintah sudah menegaskan bahwa uji kompetensi digunakan untuk pemetaan kualitas guru, sehingga hasil dari uji kompetensi tersebut jelas dibutuhkan sebagai dasar dalam melakukan langkah pembinaan. ”Ketika pemerintah akan melakukan langkah-langkah untuk pembinaan dan peningkatan kualitas para guru, maka sudah ada dasarnya,” terang dia. 

Menurut dia, publikasi tersebut tidak perlu dilakukan secara detail per guru, tetapi cukup dilakukan per wilayah (provinsi/kabupaten), atau bahkan per guru mata pelajaran. ”Bila hasil uji kompetensi dilakukan per wilayah atau per mata pelajaran, maka Dinas Pendidikan akan lebih mudah dalam menindaklanjuti, sebab dinas sudah tahu guru mana saja yang masih perlu diberi diklat agar kualitasnya meningkat,” jelas dia.


Seperti diberitakan sebelumnya (SM,12/11), kalangan guru di Kabupaten Banyumas menolak rencana Kemdikbud yang akan mempublikasikan hasil (UKG). Ketua PGRI Kabupaten Banyumas, Takdir Widagdo, mengungkapkan dipublikasikannya hasil UKG dapat berdampak terhadap tingkat kepercayaan guru. 

”Bagaimana kalau hasil uji kompetensinya rendah, tentu hal ini akan menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap guru. Maka dari itu, kami menolak kalau hasil UKG dipublikasikan,” tandas dia.
Baca juga : Saya Kesulitan Jawab Soal UKG
Demikian informasi ini, semoga bermanfaat dan menjadi bahan perenungan bagi kita. (Sumber : suaramerdeka)

0 Response to "Publikasi Terhadap Hasil UKG Diminta per Wilayah"

Posting Komentar