Saya Kesulitan Jawab Soal UKG

Saya Kesulitan Jawab Soal UKG

Rekanan seprofesi yang terhormat, saya hampir pensiun karena umur saya menginjak 60. Setua ini, terus terang saja saya kesulitan bisa menggarap soal Uji Kompetensi Guru (UKG) secara online,” ujar Chomsiyah, guru SD Bandung 2 Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal, kemarin. Karena itu dia tak kaget mendapat nilai 40. Rekannya, Sofiah (56) juga mengatakan hal yang hampir senada. Ini karena dia juga mendapatkan nilai 40. 

Keduanya mengikuti UKG gelombang kedua pukul 10.30-12.30. Di tempat yang sama, sejumlah guru SMA 1 pun rata-rata kebingungan mengerjakan soal UKG. ”Ini karena soal diambil dari Kurikulum 2013, yang lebih banyak menonjolkan implementasi. Namun ada pula soal yang terkesan jebakan. Menurut saya, soal yang paling sulit adalah masalah keguruan (pedagogi),” ujar Utakari.

Nilai Langsung Dalam UKG, guru langsung memperoleh nilai yang tertera di komputer. Karena itu nilai guru hanya diketahui secara orang per orang. ”Namun saya kira semua guru SMA 1 lulus semua,” ujar Utakari didampingi beberapa guru. Utakari mengakui, pada UKG tahun lalu, dia mendapat nilai 74. Inginnya di tahun ini bisa mendapat nilai 80, ternyata malah turun menjadi 70. Subagio pun mengaku mendapat nilai 59 dan Joni 65. 

”Saya sempat belajar, namun tak ada soal yang keluar,” aku Subagio. Guru lain, Hadi Kasirun dan Tarono mendapat nilai sama, 75. Menurut Tarono, tampaknya tidak ada sanksi bagi guru yang mendapatkan nilai di bawah 55. Guru SMA1 yang meraih nilai tertinggi adalah Sriyono dan Indri, yang meraih nilai di atas 80. 


”Saya sudah tua, mendapat nilai 60 saja bersyukur,” aku Wahidin. Sebagaimana diberitakan kemarin, Koordinator Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Disdik, Anis Winarko mengatakan, guru yang mengikuti UKG ada 3.304. 

Mereka mengikuti UKG dari tanggal 9/11 hingga 15/11. UKG diperlukan oleh pusat untuk pemetaan kemampuan guru. Wakil Kepala SMA1 Bidang Kurikulum, Jai, yang juga fasilitator UKG SMA1 mengatakan, UKG berjalan lancar.
Baca juga : Gaji Guru TK Rp 75 Ribu per Bulan, DPR Kaget
Demikian informasi ini, semoga bermanfaat dan menjadi bahan perenungan bagi kita. (Sumber : suaramerdeka)

0 Response to "Saya Kesulitan Jawab Soal UKG"

Posting Komentar