Manfaat Hasil Uji Kompetensi Guru Dipertanyakan

Manfaat Hasil Uji Kompetensi Guru Dipertanyakan

Bapak dan Ibu Guru serta rekan-rekan seprofesi yang terhormat, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mempertanyakan uji kompetensi guru (UKG) yang digelar pemerintah. Pemerintah diminta konsisten memastikan hasil UKG digunakan untuk pemetaan guru.

Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Sulistyo mengatakan, berdasarkan hasil pantauan di sejumlah daerah, khususnya Jawa Tengah dan Sumatera Barat terjadi keterlambatan waktu pelaksanaan UKG. Hal itu akibat ketidaksiapan tempat sesuai jadwal yang ditentukan.

"Secara keseluruhan berjalan lancar. Tapi masih ada yang kesulitan menggunakan komputer, umumnya guru yang mau pensiun," kata Sulistyo saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (12/11).


Menurut dia, pemerintah harus konsisten memastikan hasil UKG benar-benar digunakan untuk pemetaan guru. Sebab, selama penyelenggaraan UKG sejak Senin 9 November, beragam isu pemotongan tunjangan, rotasi dan mutasi guru.

"Selama dipakai untuk pemetaan kami tidak menolak. Kami sudah ingatkan dari awal, harus ada tindak lanjut dari hasil UKG," katanya.

Pemerintah diminta memberikan pembinaan kepada guru sesuai hasil pemetaan. Selama ini pembinaan yang dijanjikan tersebut belum berjalan. Sulistyo meminta guru yang telah mengikuti UKG tidak perlu diikutsertakan kembali.


Sebelumnya, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Sumarna Surapranata mengatakan, UKG dilakukan untuk memperoleh kemampuan dasar kompetensi guru, bukan memotong tunjangan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan dinas pendidikan dan sekolah melakukan UKG kepada 3.015.315 guru, termasuk guru honorer. Hasil UKG akan digunakan sebagai bahan untuk peningkatan kompetensi secara berkelanjutan.
Baca juga : Uji Kompetensi Guru, Guru TK Respon Positif
Demikian informasi ini disampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. (Sumber : metrotvnews)

2 Responses to "Manfaat Hasil Uji Kompetensi Guru Dipertanyakan"

  1. Hasil UKG kalau utk Pemetaan Guru tidak apa-apa. Kalau utk yg lain saya tidak setuju. Karena banyak Hasil UKG yg tidak sesuai keinginan karena UKG kelas Rendah diberi dg UKG kelas tinggi. Atau sebaliknya. Dan UKG mapel Olahraga ada mapel MTK. Jadi banyak yg tidak sesuai.

    BalasHapus
  2. Guru mapel plh.pas ukg mapel bahasa daerah...ya ga nyambung....

    BalasHapus